Mitos Burung Hantu yang Belum Anda Ketahui

Burung termasuk salah satu hewan yang dekat dan berkeliaran disekitar kita. Bersuara merdu dipagi hari menemani kesibukan kita mengawali pagi. Beberapa jenis burung sering bermain di pepohonan depan rumah, halaman, tiang listrik dan atap rumah.

Hal ini sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi kita di pagi dan sore hari. Bahkan sebagian dari kita ada yang sengaja memeliharanya.
Apa jadinya jika yang hadir adalah seekor burung hantu?

Mitos Burung Hantu yang Belum Anda Ketahui

Mungkin muncul perasaan takut ketika burung yang tak biasa hadir disekitar rumah ini malah muncul dihadapan kita. Dan ternyata, mitos burung hantu di depan rumah juga beredar ditengah masyarakat. Seperti namanya, burung ini dikatakan memiliki kaitannya dengan hal-hal mistis. Apa saja ya? Simak yuk!

1. Lambang kematian

Dalam masyarakat jawa, burung hantu dikatakan sebagai lambang kematian. Konon, menurut mitos burung hantu di depan rumah jadi pertanda bahwa akan ada orang yang meninggal dari rumah yang dihampirinya dalam waktu dekat. Ada juga yang mengatakan bahwa jika seseorang menirukan suara burung hantu, namun burung tersebut tidak menyahut, artinya orang tersebut akan meninggal dalam waktu dekat.

Tidak hanya di indonesia ada mitos tentang burung hantu. Di india pun, suara burung hantu pun di anggap sebagai tanda akan datangnya kematian pada seseorang. Eits, perlu diingat kembali, ini hanya mitos ya, datangnya kematian seseorang hanya allah swt yang tahu.

2. Burung pemanggil roh dan pertanda adanya hantu

Menurut mitos burung hantu di depan rumah yang beredar, burung hantu dikatakan juga sebagai burung pemanggil roh, seseram namanya ya. Sepertinya, inilah alasan banyak paranormal, orang sakti atau orang yang berkemampuan berhubungan dengan alam gaib memelihara burung ini.

Kehadiran burung hantu ini dikaitkan dengan kehadiran sosok makhluk gaib disekitanya. Jadi bisa diartikan bahwa disekitar burung hantu, juga ada makhluk halus. Selain itu, simak pula tanda-tanda orang akan meninggal dunia dan berbagai cerita hantu yang menyeramkan seperti cerita hantu di sekolah, cerita hantu di rumah sakit angker, dan mitos keluar saat magrib yang juga tak kalah menyeramkannya.

3. Pengirim berita duka

Ada juga juga yang mengatakan bahwa kedatangan burung hantu di depan rumah jadi pertanda atau firasat buruk, dinana berkaitan dengan berita duka. Tidak selalu dari penghuni rumah, namun juga bisa pertanda akan ada kematian dari sanak kerabat yang jauh. Konon, katanya suara burung hantu yang terdengar disekitar rumah juga jadi pertanda akan adanya malapetak.

4. Mencuri keberkahan yang ada di dalam rumah

Ada pula yang mengatakan bahwa mitos burung hantu di depan rumah dan sampai masuk ke dalam rumah, itu artinya burung tersebut akan membawa serta keberkahan dari dalam rumah tersebut saat keluar rumah. Maka dari itu ada yang mengatakan bahwa burung hantu yang masuk rumah harus dibunuh karena konon katanya jadi penyebab hilangnya keberkahan dalam rumah tersebut.

Nah, itulah 4 mitos burung hantu di depan rumah yang ada ditengah masyarakat. Simak juga mitos tentang burung hantu lainnya yang juga ada ditengah masyarakat dunia berikut ini ya.

5. Pertanda kemenangan bagi pasukan perang

Di yunani, burung hantu malam bermakna sebaliknya. Dipercayai bahwa burung hantu yang terbang disekitar pasukan perang, itu artinya pasukan tersebut akan menang dalam pertempuran. Jadi disana burung hantu adalah lambang kemenangan.

6. Bulu burung hantu bisa memudahkan bayi tertidur

Mitos yang beredar ditengah masyarakat inggris beda lagi, yang mana katanya bulu dari burung hantu akan membuat bayi lebih mudah terlelap jika diletakkan disamping tempat tidurnya.

7. Obat penyakit jantung

Di india, burung hantu juga jadi lambang kematian sama halnya dengan mitos yang berkembang ditengah masyarakat roma. Hanya saja di india, konon katanya burung hantu juga bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit jantung. Kok bisa ya?

8. Kepala mereka tidak bisa berputar 360 derajat

Banyak orang mengatakan bahwa kepala burung hantu bisa berputar 360 derajat. Namun, itu hanya sebuah mitos. Seperti yang dilansir dari laman mental floss, burung hantu bisa memutar leher hingga 135 derajat di kedua arah sehingga total kepala mereka bisa berputar 270 derajat.

Apakah ini akan membuat burung hantu terluka? Tenang saja. Adaptasi tulang, pembuluh darah dengan reservoir kontraktil, dan jaringan pembuluh darah yang dimiliki burung hantu memungkinkan mereka untuk memutar kepala sebanyak 270 derajat tanpa perlu merasa kesakitan.

9. Memiliki mata berbentuk tabung

Selain kepala yang bisa berputar, burung hantu juga dikenal dengan matanya yang besar. Bagi sebagian orang, mata burung hantu mungkin menakutkan, terutama jika kita melihatnya di malam hari.

Uniknya, berbeda dengan burung lain yang punya mata berbentuk bola, burung hantu memiliki mata berbentuk tabung sehingga mata mereka terpaku pada tempatnya. Karena bentuk tersebut, burung hantu harus menoleh untuk bisa melihat ke arah lain.

10. Meski begitu, burung hantu rabun dekat

Selain bentuk yang tidak biasa, mata burung hantu didesain untuk melihat dalam gelap. Bentuk mata ini juga membuat burung hantu bisa melihat dalam keadaan jauh. Sebaliknya, burung hantu sangat buruk ketika harus melihat mangsanya dari dekat.

Ketika terbang mendekat, mangsa akan terlihat buram bagi burung hantu. Nah, agar tetap bisa menangkap mangsanya, burung hantu menggunakan bulu-bulu kecil pada paruh dan kaki untuk bisa merasakan keberadaan mangsanya.

11. Memiliki pendengaran super

Sama seperti kebanyakan hewan yang berburu pada malam hari, burung hantu memiliki indra pendengaran yang sangat tajam. Mereka bisa mendengar suara dari bawah dedaunan, tanah, bahkan salju sekalipun. Seekor burung hantu bahkan bisa mendengar suara tikus yang menginjak ranting dari ketinggian 23 meter.

12. Burung hantu juga bisa berubah jadi kanibal

Pada dasarnya, burung hantu adalah hewan karnivor. Biasanya mangsa favorit mereka adalah tikus, serangga, atau mamalia kecil lainnya. Meski begitu, tidak jarang burung hantu juga memangsa elang atau rusa, bahkan burung hantu dari jenis yang berbeda. Kebiasaan saling memangsa satu sama lain inilah yang kemudian menjadi penyebab menurunnya populasi burung hantu di seluruh dunia.

Bukan hanya itu di luar negri juga banyak berbagai mitos mengenai burung hantu, seperti:

1. Indonesia 

Di daerah sekitar manado, di sulawesi utara, penduduk sekitar menyebut burung hantu dengan nama burung manguni. Mereka percaya bahwa burung hantu sangat bijaksana. Di manado, tiap kali ingin bepergian, mereka akan mendengarkan burung hantu. Burung hantu akan mengeluarkan dua suara yang berbeda. Suara pertama artinya aman untuk pergi dan yang kedua lebih baik tidak pergi. Bagi orang-orang minahasa peringatan itu diterima dengan baik dan mereka mengikuti peringatan itu. Mereka tak akan pergi ke mana-mana jika manguni berkata seperti itu.

2. Jepang 

bagi orang ainu, salah satu suku pribumi yang mendiami pulau hokkaidou, sebagian besar sakhalin dan kepulauan kuril, burung hantu serak jawa (tyto alba/barn owl) dipercaya sebagai pembawa pesan para dewa atau leluhur. Penduduk setempat akan menempatkan ukiran burung hantu serak jawa di rumah-rumah mereka untuk menangkal kelaparan dan wabah penyakit. Sebelum pergi berburu, orang ainu akan bersulang untuk burung hantu serak. Sementara itu, burung hantu screech memperingatkan mereka akan bahaya, namun burung hantu serak jawa dan burung hantu bertanduk (horned owl) dipercaya jahat.

3. Timur tengah

burung hantu bagi masyarakat timur tengah berkaitan dengan kehancuran dan kematian. Burung-burung hantu itu dipercaya sebagai perwakilan jiwa orang yang telah mati tanpa terbalaskan dendamnya. Jika orang melihat burung hantu ketika akan pergi berperang berarti perang tersebut adalah pertempuran berdarah yang akan mengakibatkan banyak kematian dan korban. Ketika orang melihat burung hantu di rumah seseorang, hal itu bisa berarti kematian.

Jika seseorang bermimpi melihat burung hantu, itu berarti tak ada kejadian buruk yang akan terjadi. Namun berbeda cerita jika kamu bermimpi tentang hantu yang bersuara, itu artinya hal yang buruk mungkin terjadi. Burung hantu adalah burung pertanda buruk. Mereka adalah perwujudan iblis yang mengusir anak-anak di malam hari.

Menurut risalah arab kuno, konon tiap-tiap burung hantu betina mengeluarkan dua telur. Satu telur mengakibatkan rambut rontok dan satunya lagi memiliki kemampuan mengembalikannya. Orang arab zaman dulu percaya bahwa jiwa-jiwa orang yang dibunuh akan terus meratap dan menangis hingga ada yang membalaskan kematiannya. Mereka percaya “al sada”, sebutan orang arab untuk burung hantu kematian akan terus bersuara di atas kuburan orang yang dibunuh dan kematiannya belum dibalaskan sampai kematian orang itu terbalaskan.

4. India 

Di daerah india utara, orang percaya bahwa orang yang memakan mata burung hantu, maka mereka akan bisa melihat dalam gelap. Sementara di masyarakat india selatan, tangisan burung hantu diartikan ke dalam angka, yaitu satu teriakan berarti pertanda kematian yang akan datang. Dua kali teriakan berarti kesuksesan dalam apa pun yang akan segera dikerjakan setelah itu.

Adapun tiga kali teriakan berarti perempuan akan menikah. Empat kali mengindikasikan gangguan, lima teriakan melambangkan perjalanan yang datang. Enam artinya akan datang para tamu. Tujuh kali melambangkan tekanan mental. Delapan teriakan artinya kematian mendadak, sementara itu sembilan teriakan melambangkan keberuntungan.

5. Amerika 

Mitos tentang burung hantu penduduk asli amerika utara memiliki kesamaan dengan banyak mitos masyarakat adat dan keyakinan orang-orang asia. Sebagin besar suku percaya bahwa burung hantu terkait erat dengan kematian yang akan datang. Umumnya, mereka percaya bahwa burung hantu adalah kendaraan bagi roh orang mati untuk mencapai keabadian. Bagi suku ojibwa, jembatan yang dilewati oleh roh orang mati disebut jembatan burung hantu.

Suku-suku oto-missouri percaya burung hantu merupakan membawa pesan kematian. Dalam sistem kepercayaan suku navajo, burung hantu adalah utusan dunia alam gaib dan roh. The pawnee mengartikan burung hantu sebagai sebagai “pemimpin malam hari” dan percaya bahwa dia memberikan perlindungan. Masyarakat cherokee menghormati burung itu sebagai sesuatu yang sakral karena hewan tersebut memiliki penglihatan malam yang hebat dan berharap mereka bisa mengambil kemampuan itu agar mereka dapat melihat di dalam gelap.

6. Polandia 

Menurut cerita masyarakat polandia, perempuan yang meninggal sebelum menikah akan berubah wujud menjadi merpati. Sebaliknya, perempuan yang sudah menikah ketika meninggal akan berubah menjadi burung hantu.

Suara burung hantu yang terdengar di dekat rumah umumnya berarti penyakit, kematian, atau malapetaka lainnya yang akan datang. Mitos masyarakat polandia lainnya adalah tentang alasan mengapa burung hantu tidak keluar di siang hari. Hal itu disebabkan karena mereka terlalu indah yang akan membuat mereka dikerumuni oleh burung-burung lain yang iri pada mereka.

7. Wales 

Bagi orang wales, burung hantu merupakan predator di malam hari. Burung hantu adalah satu-satunya burung yang dapat mengalahkan kecepatan elang di waktu senja. Di kalangan masyarakat wales, burung hantu melambangkan pembaharuan, kematian, kebijaksanaan, inisiasi, dan sihir bulan. Arianrhod, dewi orang wales, berubah wujud menjadi burung hantu besar. Matanya yang besar dapat melihat ke dalam kegelapan alam bawah sadar dan jiwa manusia. Dikatakan dewi arianrhod bergerak dengan kekuatan dan tujuan sepanjang malam.

Dia mengembangkan sayap-sayap kenyamanan dan penyembuhannya untuk memberikan penghiburan bagi mereka yang mencarinya. Jika terdengar suara burung hantu di antara rumah-rumah, itu menandakan ada seorang anak gadis yang belum menikah telah kehilangan kesuciannya. Bagi perempuan yang sedang hamil, jika dia mendengar suara burung hantu di luar rumahnya saat malam hari, itu menandakan anaknya akan akan mendapat berkah. Dalam mitologi wales, ada cerita mengenai seorang wanita bernama blodeuedd.

Dia terbuat dari dari bunga. Suatu hari dia dikutuk oleh paman suaminya menjadi burung hantu yang takut untuk menunjukkan wajah di siang hari dan akan takut pada burung yang lain. Burung-burung itu akan memusuhinya dan akan menganiayanya di manapun mereka bertemu dengan dirinya.

8. Meksiko 

Angin utara yang dingin dibuat oleh burung hantu, sementara angin selatan yang lembut dibuat oleh kupu-kupu. Burung hantu “little owl” dipercaya sebagai “utusan penguasa dunia kematian” dan terbang di antara dunia orang hidup dan orang mati.

9. Cina 

Burung hantu dihubungkan dengan kilat karena saat malam kilat memberikan penerangan dan dengan drum karena memecah keheningan. Orang cina akan menempatkan patung burung hantu di tiap sudut rumah. Fungsinya adalah untuk melindungi rumah dari petir. Burung hantu adalah simbol energi  yang berlimpah (energi positif, maskulin, cerah, aktif).

10. Perancis 

Ada kepercayaan dan mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat perancis, jika ibu hamil mendengar suara burung hantu, itu adalah suatu pertanda bahwa calon jabang bayinya berkelamin perempuan. Meski pun begitu, tak sedikit juga yang tidak mempercayai mitos ini karena lahirnya bayi perempuan atau laki-laki hanya urusan tuhan.

11. Irlandia 

Ada burung hantu yang memasuki rumah, burung hantu itu harus segera dibunuh karena ketika dia terbang keluar, burung itu akan membawa semua keberuntungan di dalam rumah. Beragam mitos dan legenda tentang burung hantu memiliki keunikannya tersendiri. Ada mitos yang positif ada juga mitos yang negatif. Semua berpulang pada pribadi masing-masing, apakah ingin mempercayainya atau tidak. Apakah kamu termasuk yang mempercayai mitos-mitos tentang burung hantu tersebut?

Nah itulah mitos seputar burung hantu yang mendunia. Apakah burung hantu menakutkan? Tidak semua ya, karena burung hantu memiliki banyak jenis. Memang, ada yang memiliki rupa yang menyeramkan, namun juga ada yang imut dan malah berkesan lucu.

Referensi

Cintalia.com
bacaterus.com
idntimes.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter